Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/bakti-omk-promasan-pada-salib-ayd/

Bakti OMK Promasan Pada Salib AYD

Estafet Kirab Salib AYD berlanjut lagi, selama seminggu ini Salib AYD menginap di Paroki Promasan. Paroki Promasan ini terasa memiliki hal yang sangat spesial dan beda dengan wilayah yang lain karena Promasan merupakan cikal bakal katekese pertama di Keuskupan Agung Semarang.

Sarikromo—orang katolik pertama di Promasan—mengakulturasikan kebudayaan Kejawen dan Muslim seperti menabuh rebana untuk mengkidungkan ayat-ayat yang diambil dari Kitab Suci. Akulturasi budaya inilah yang akhirnya memunculkan sebuah budaya baru bernama Slawatan, semacam Sloka dalam tradisi Jawa.

Hingga kini OMK Promasan masih setia melakukan Slawatan yang bertujuan untuk mengajak seluruh umat Katolik untuk Ngabekti Salib*.

Umat paroki Promasan ber-Slawatan bersama

Budaya ini semakin semarak dengan hadirnya Salib AYD di Paroki Promasan. Banyak umat Paroki Promasan yang ingin menunjukkan rasa baktinya terhadap salib dengan caranya sendiri-sendiri. Tak jarang dari mereka—para warga—menginap di kapel-kapel di wilayah Paroki Promasan untuk ikut menjaga Salib AYD ini.

Selain itu, misa penyambutan Salib AYD pun dilakukan selama 3 jam lebih sebagai bentuk antusiasisme warga yang sangat luar biasa atas hadirnya Salib AYD ini. “Jika dituruti keinginan umat ini, Kirab Salib seminggu bahkan sebulan pun tidak akan cukup,” Ujar Matheus Catur Septiantoro, Koordinator Kirab Salib Paroki Promasan, saat ditemui Jumat (25/2).

Momentum Kirab Salib AYD ini, Matheus, secara pribadi, berharap bisa menjadi salah satu sarana untuk semakin melekatkan persaudaraan antar OMK yang ada di Promasan. “Selain itu, saya juga berharap dengan kekuatan yang sangat mempersatukan yang dibawa Salib ini bisa nggugah roso, bisa membangunkan OMK agar tidak asing dengan gerejanya sendiri,” tegasnya.

*Ngabekti Salib:  berbakti kepada Yesus yang wafat disalib

Penulis: Tim Publikasi AYD

Galeri Foto

Imam dan umat menari Theme Song bersama

Siswa SMP di Promasan berbakti sosial kepada masyarakat

Siswa-siswi SMP Promasan menggantungkan harapan mereka di pohon harapan

Sharing bersama umat Promasan