Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/berbagi-untuk-sesama-dengan-susu-kedelai/

Berbagi Untuk Sesama dengan Susu Kedelai

Hai, namaku Ivan. Sebelum duduk di bangku kuliah, aku menamatkan pendidikan mengenah atasku di salah satu sekolah swasta favorit di Yogyakarta. Satu kenangan dari masa SMA adalah satu sekolah mengenalku, bukan karena aku siswa yang pintar atau pembuat onar, melainkan karena aku mendapat julukan Vansu, alias Ivan Susu. Panggilan itu mungkin terasa ganjil, tetapi ada pengalaman menarik di baliknya yang akan aku bagian kepada teman-teman semua.

Masa-masa SMA tidak hanya aku isi dengan bermain dan belajar bersama teman-teman sekolah yang seluruhnya laki-laki. Aku juga mulai belajar berjualan susu kedelai. Maka, tidak heran jika awal mulanya teman-teman mulai memanggilku, “Van, susu!” jika ingin membeli susu kedelai yang aku jual. Dan lama-kelamaan Vansu menjadi panggilan yang digunakan oleh teman-teman SMAku sampai saat ini.

Ada pepatah mengatakan, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Usahaku berjualan susu kedelai sedikit demi sedikit membuahkan hasil dalam bentuk sepeda motor dan laptop yang sampai saat ini masih kugunakan untuk kuliah. Rasa bangga dan syukur bercampur menjadi satu, tidak hanya karena aku bisa mendapatkan apa yang ingin aku capai tetapi juga bersyukur karena aku dapat berbagi kepada kedua temanku yang membantuku berjualan susu kedelai. Hasil dari berjualan yang dibagi tiga memang tidak seberapa, namun aku sudah sangat senang melihat wajah-wajah bahagia mereka.

Berbagi kebahagiaan melalui susu kedelai mungkin terdengar sederhana, tapi rasa senang ketika membantu orang lain adalah bonus yang didapat. Jika teman-teman memiliki sesuatu yang ingin dicapai, terus berpikir dan berusaha bagaimana cara mendapatkannya. Dukungan dari sekitar seperti keluarga dan teman-teman akan membuatmu semangat dan tidak merasa sendirian. Lakukan apa yang ingin teman-teman capai dan buatlah berguna pula untuk sesama. Terakhir, jangan lupa berterima kasih pada Tuhan dengan bersyukur, karena tanpa-Nya kita bukanlah apa-apa. Salam Joyful.