Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/kemeriahan-kirab-salib-ayd-di-kapel-sambeng/

Kemeriahan Kirab Salib AYD di Kapel Sambeng

Kapel Sambeng Paroki Kelor menjadi paroki pertama di wilayah Kevikepan Yogyakarta yang menerima salib AYD, Jumat 25/11. Umat begitu antusias menunggu kedatangan Salib AYD yang diantar oleh Umat Paroki Dalem dan OMK Rayon Klaten Raya.

Ketika memasuki kapel, Salib beserta umat paroki Dalem disambut oleh penari cucuk lampah dan dipersilahkan memasuki kapel Sambeng.

Menurut mas Aji salah satu Panitia lokal mengatakan, “Kami mempersiapkan sedikit tradisi jawa yaitu cucuk lampah agar segala sesuatu yang akan dimulai akan berjalan lancar. Cucuk lampah adalah sebuah tradisi yang mensimbolkan pembuka jalan bagi rombongan agar menjadi lancar.” Sebuah tradisi yang ditampilkan dalam penyambutan salib AYD.

Setelah Salib AYD memasuki Kapel Sambeng, perwakilan umat dari Paroki Dalem menyerahkan Salib AYD kepada umat Kapel Sambeng serta penyerahan simbolik bibit pohon yang sudah di berkati oleh RD. Heribertus Suprihadi. Salib AYD akan berada di kapel Sambeng selama satu hari, selanjutnya Salib akan dikirab di kapel-kapel yang ada di wilayah Paroki Kelor.

Acara dilanjutkan dengan beberapa penampilan dari umat Kapel Sambeng. Yang pertama adalah penampilan drama dari umat Kapel Sambeng, mereka menampilkan drama yang berjudul Perjuangan Hidup.

Ada visualisasi kehidupan masyarakat setempat yang sedang bertani, mengasah kayu, berkebun dsb. Tiba-tiba ada kelompok yang kurang baik datang menawarkan perjudian dan minuman keras. Terjadi perselisihan diantara mereka akhirnya tetap kebaikanlah yang menang yang dilambangan dengan Salib AYD.

Menurut Aji, drama tersebut mau menggambarkan bahwa Salib bukan hanya melambangkan anugerah keselamatan namun salib juga bermakna tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan di kehidupan sehari-hari.

Acara ditutup dengan penampilan tari dari adik adik Kapel Sambeng dan dilanjutkan ramah tamah bersama umat Paroki Dalem Dan Umat Kapel Sambeng.

Penulis @T.K.A