Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/omk-minomartani/

OMK Minomartani: Menjadi Pelopor Peradaban Kasih

Rumah bukan sekedar sebuah bangunan, lebih dari itu rumah adalah tempat berlindung dan saksi bisu atas dinamika keluarga. Rumah adalah tempat untuk kembali dan menjadi salah satu elemen penting dalam sejarah kehidupan.

Sayangnya tidak semua orang dapat beruntung, mempunyai “tempat kembali” yang layak, yang bisa memberi kenyamanan ketika keluarga bercengkrama, atau memberikan keamanan ketika alam di luar sedang tidak bersahabat. Sadar akan berharganya peran sebuah rumah dalam kehidupan, maka umat dan orang muda Katolik di Paroki St. Petrus dan Paulus Minomartani mengupayakan untuk merehabilitasi rumah Bapak Aloysius Jalal – salah satu umat paroki yang statusnya masih pra sejahtera.

Inisiasi kegiatan bedah rumah bersamaan dengan tema Paskah yaitu menjadi pelopor bagi peradaban kasih, dan terpantiknya pergerakan kaum muda berkat momen Asian Youth Day 2017. Keprihatinan bermula dari laporan Bapak Aloysius Soni, selaku ketua lingkungan St. Vincentius de Paul ketika menjenguk Bapak Jalal dan disampikan kepada Romo Andhita selaku Administrator Paroki. Bapak Jalal adalah salah satu umat di lingkungan St. Vincentius de Paul yang sudah berusia lanjut dan tidak berpenghasilan. Setiap bulan warga di lingkungan membantu Bapak Jalal untuk membayar iuran bulanan BPJS.

Gagasan atas kegiatan ini akhirnya tersampaikan ke seluruh umat. Gotong royong pun dilakukan untuk mewujudkan rehabilitasi tempat tinggal Bapak Jalal dan dilakukan oleh segenap umat. Momen Paskah dan Asian Youth Day 2017 di Paroki Minomartani menjadi lebih memiliki makna dan mengukir sejarah yang dapat dilihat serta dikenang. Orang muda Katolik Paroki Minomartani menjadi penggerak untuk penggalangan dana dan bantuan dari umat. Secara bergantian para OMK juga bertugas dalam operasional bedah rumah setiap harinya. Gotong royong pun membuahkan hasil yang memuaskan, dalam 2 minggu penggalangan dana hasil yang terkumpul telah melebihi target.

Segala kontribusi dan peran kaum muda dalam kegiatan ini merujuk pada tema yang telah dibuat yaitu Bring the Youth Back. Pada akhirnya banyak OMK yang terjaring dalam kepanitiaan dan berbagai agenda pun dibuat untuk semakin memeriahkan Asian Youth Day 2017. Kegiatan bedah rumah ini turut merealisasikan salah satu pre-event AYD yaitu Act to Care.

 

 

Narasumber: Christophorus Agyat Adi P.