Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/omk-promasan-maknai-cinya-lingkungan/

OMK Promasan Maknai Cinta Lingkungan

doc. Panitia

Promasan, Yogyakarta – OMK Promasan bekerja sama dengan Sekolah Dasar Katolik (SDK) Promasan, mengadakan gerakan cinta lingkungan dalam rangka memeriahkan Asian Youth Day 2017. Acara tersebut diadakan pada Senin, 20 Februari 2017 bertempat di Padusan, Sendangsono.

Gerakan cinta lingkungan ini digagas dengan memperhitungkan pula manfaat bagi para siswa SDK Promasan. Belajar membiasakan diri untuk mencintai lingkungan khususnya manajemen sampah akan lebih mudah dan efektif ketika diajarkan sejak dini.

doc. Panitia

“Anak-anak SD mengumpulkan sampah plastik di sekitar area gereja, jalur jalan salib sampai Sendangsono. Kemudian di sana, dirangkai menjadi salib dari mozaik sampah,” tutur Andreas Beni Setyono, anggota OMK Promasan.

Selain memeriahkan penerimaan salib AYD, aksi cinta lingkungan ini sekaligus menerapkan kampanye act to love. Kampanye tersebut merupakan bagian dalam kegiatan pre-event kelima guna menyambut AYD 2017. Gerakan cinta bumi ini juga sebagai wujud bakti pada Allah, Sang Empunya semesta.

Para siswa SDK Promasan menanggapi secara positif gerakan cinta lingkungan tersebut. Bahkan, para warga katolik sekitar Promasan pun ikut berpartisipasi dalam acara mengumpulkan sampah plastik.

Gerakan cinta lingkungan hasil kerja sama OMK Promasan dan SDK Promasan ini juga merupakan saran dari pihak sekolah. Adanya gerakan cinta lingkungan, tak lantas kegiatan belajar-mengajar diliburkan. Pihak SDK Promasan memutuskan, gerakan tersebut termasuk dalam kegiatan pengajaran pula.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari KBM juga, langsung praktik. Belajar kan nggak harus duduk di kelas dan mengerjakan soal dari buku,” jelas Beni tegas.

Pihak SDK Promasan ternyata juga menyelipkan pesan AYD ke 7 kepada para siswanya. Mereka mengajak siswa-siswi untuk berdoa bersama pada salib AYD.
“Momen AYD kami gunakan sebagai peristiwa spesial, di samping edukasi cinta lingkungan, juga edukasi tentang apa itu AYD. Kami juga berharap dari sisi religus, agar doa kami bersama salib AYD membawa berkah,” jelas Anggi Ratih Dwi, Guru SDK Promasan.

doc. Panitia

Ditulis oleh : Yosepha Debrina Ratih P