Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/pembekalan-volunteer-ayd-tahap-ii-ajak-pahami-isu-multi-kultural/

AYD Ajak Volunteer Pahami Isu Multi Kultural

Pembekalan tahap II bagi para volunteer Asian Youth Day telah terlaksana pada 5-6 November dan 3-4 Desember 2016 kemarin. Bertempat di Gereja St. Ignasius Magelang, para volunteer antusias mengikuti kegiatan selama dua hari berturut-turut. Pembekalan ini menekankan mengenai isu multi kultural yang ada di Indonesia. Melalui pembekalan ini harapannya para peserta dapat semakin siap untuk berkontribusi dalam gelaran Asian Youth Day pada Juli-Agustus 2017 mendatang.

Agar dapat semakin memahami mengenai isu multi kultural, dihadirkan narasumber yaitu Ustad Gus Irwan. Beliau memberikan insight mengenai agama Islam sekaligus mengenai nilai-nilai toleransi. Mengingat saat ini isu mengenai keberagaman dan toleransi menjadi isu yang sedang hangat diperbincangkan, maka para peserta pun dengan sangat antusias mengikuti sesi bersama Ustad Gus Irwan. Melalui diskusi ini, para peserta diharapkan dapat semakin paham akan nilai toleransi, saling memahami antar umat beragama dan meminimalisir adanya konflik serta perdebatan antar umat beragama.

“Harapan saya acara AYD dapat berjalan dengan lancar, tidak ada gangguan, sesuai dengan yang sudah direncanakan”, tutur Gus Irwan. Beliau juga berharap agar para volunteer dapat membantu tamu-tamu khususnya yang dari luar Indonesia dengan ramah, sopan dan menunjukan budaya khas Indonesia. Budaya yang khas Indonesia ialah Budaya Bhineka Tunggal Ika yang menghargai perbedaan, dan menghargai keragaman. Sikap saling toleransi turut harus selalu ditumbuhkan, baik toleransi antar umat beragama maupun toleransi dalam hal pendapat.

Joseph Nugroho Tri Sumatono sebagai SC tim volunteer turut angkat bicara mengenai harapan untuk AYD. “Semua orang muda khususnya orang muda di Keuskupan Agung Semarang semoga bisa merasakan berkah dari AYD ini. Bagi teman-teman volunteer, supaya bisa bersemangat mencari dan menggali serta eksplorasi pengalaman-pengalamannya terkait dengan kegembiraan mewartakan Injil dan mengalami perjumpaan dengan beraneka macam agama dan budaya di Nusantara ini.”

Salah seorang volunteer yang dipilih secara acak berharap bahwa acara Asian Youth Day ini dapat mempersatukan perbedaan-perbedaan di seluruh Asia terutama di Indonesia, dan bagi yang tidak bisa terlibat melalui volunteer juga dapat terlibat suka cita yang ada di Asia. Semoga dengan adanya pembekalan ini, para volunteer tetap kompak dan semangat dalam menjalani AYD sekaligus bersama-sama menyukseskan AYD.

Penulis : Michael Ivan Aji Utama