Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/salib-ayd-bawa-omk-wates-kenali-diri/

Salib AYD Bawa OMK Wates Kenali Diri

Salib AYD kembali dikirab dari Paroki Sedayu menuju Paroki Wates pada hari Jumat (20/1) lalu, tepatnya di Stasi Bonoharjo, Kulon Progo. Proses kirab salib semakin meriah berkat antusiasme para umat dari Sedayu yang mengikuti kirab salib dengan iring-iringan motor, vespa, mobil dan kereta mini. Paroki Wates merupakan paroki pertama yang menerima Salib AYD di Rayon Kulon Progo.

Selaras dengan paroki lainnya, kehadiran Salib AYD mampu menjadi momen untuk saling mempersatukan umat dan OMK. Hal tersebut diamini oleh Vincentius Galang Putra Pradana selaku ketua panitia. Menurutnya momen ini menjadi pemersatu bagi OMK di Paroki Wates beserta umat di Stasi Bonoharjo. Putra turut menyampaikan rasa bangganya akan keterlibatan teman-teman OMK dalam momen ini, meskipun segala persiapan terbilang mepet namun teman-teman OMK mampu maksimal dengan memanfaatkan segala potensi untuk menyiapkan acara ini. OMK yang terlibat pun juga patut berbangga mengingat momen ini adalah hajatan akbar di Keuskupan Agung Semarang dan utamanya di Asia. Putra juga menjelaskan bahwa OMK yang bersukacita adalah OMK yang mengetahui potensi dirinya dan terlibat dalam kegiatan menggereja. Potensi ini harus dikembangkan semaksimal mungkin, namun tanpa menggunakan paksaan dalam berkegiatan di Gereja.

Tema besar AYD yang mengulik terkait multikultural juga menjadi inspirasi bagi OMK. Putra berharap acara ini bisa menginspirasi OMK di Asia terutama Indonesia untuk bisa menerima adanya keberagaman, mengingat keberagaman belum sepenuhnya diterima oleh negara kita yang sesungguhnya mengusung kebhinekaan sebagai slogan. OMK diharapakan untuk mengenali potensi masing-masing dan ikut bangga bahwa OMK memiliki dan menjadi bagian dalam Gereja. Harapannya momen kirab salib dapat membawa limpahan semangat dalam menyongsong AYD dan semangat itu dapat menular di antara OMK.

Romo Paulus Santo, Pr menambahkan kehadiran Salib AYD mengingatkan kita pada salib yang menjadi tanda kemenangan Kristus. Momen ini kiranya dapat menggairahkan kembali akan iman dan syukur. Romo Santo juga menjelaskan OMK yang bersukacita adalah OMK yang penuh harap dengan masa depan, tidak hanya studi dan pekerjaan tetapi juga dalam iman. Rasa bangga menjadi Katolik harus terus ditanamkan serta dijadikan sumber perkembangan iman.

Romo Santo berharap AYD ini benar-benar sungguh menggairahkan orang muda sehingga banyak orang muda yang terlibat dalam kegiatan menggereja, namun dengan tetap menyeimbangkan hidup dengan terlibat aktif pula di luar Gereja.

Tim reporter: Theo, Sham, Angel, Ivan, Webe