Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

http://asianyouthday.org/blog/yudi-pemuda-yang-membangkitkan-gairah-bertani/

Yudi, Pemuda yang Membangkitkan Gairah Bertani

Menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitar tidaklah mengenal usia, orang yang masih muda sekalipun bisa menjadi teladan bagi banyak orang. Salah satu sosok pemuda yang menginspirasi ialah Agustinus Yudi Prastowo, atau yang biasa dikenal sebagai Yudi. Ia berprofesi sebagai petani organik dan tinggal di desa Pepen Trimulyo, Sleman. Di era serba teknologi saat ini, tidak banyak orang muda yang mau langsung berhubungan dengan dunia pertanian, karena dianggap kuno dan anggapan bahwa sektor pertanian kini tidak berprospek, tetapi berbeda dengan Yudi. Ia mulai belajar dunia pertanian sejak tahun 2004 dan mulai menanam sendiri pada tahun 2011. Tujuan Yudi menjadi petani organik adalah untuk menjalankan misi kembali ke alam atau go green. Menurutnya, menjadi petani organik adalah menjadi agen untuk pemuliaan tanah sekaligus sebagai bentuk mengembalikan budaya yang sudah ditinggalkan oleh masyarakat berupa tradisi bertani.

Yudi mengaku bahwa pada awalnya ia mengalami banyak kesulitan. Petani kurang mendapat edukasi tentang manajemen pertanian di bagian budidaya dan pasca panen. Petani-petani cenderung menggunakan pola lama padahal belum tentu itu tepat untuk pertanian. Seperti contohnya pada paham mengenai penggunaan pupuk urea yang diyakini menghasilkan produk yang lebih baik, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Banyak faktor yang tidak dipertimbangkan oleh petani seperti  memperkiraan cuaca, tanah dan air untuk tanaman yang ditanam.  Tetapi hal itu tidak menghalangi Yudi untuk berkarya dalam bidang pertanian.

Hal ini menjadi pemacu bagi Yudi untuk menanam tanaman organik di sawah sekitar rumahnya. Tentunya ia tidak berjuang sendirian, ia turut menggerakan warga di padukuhannya untuk turut serta menanam tanaman organik. Syukurlah dalam gerakannya tersebut, Yudi tidak memiliki kendala untuk mengajak para petami dalam satu padukuhan.  Jika ada kendala sekalipun, itu disebabkan kepentingan pribadi atau/dari pihak lain.

Sekarang Yudi dan warga desa sudah memiliki Koperasi Tani untuk membantu perekonomian para petani dan membantu untuk penanaman kembali tanaman organik (Konsep Integrated Farm). Partner kerja mereka dari para peternak sapi dan kambing di desa yang sama untuk memanfaatkan kotoran hewan ternak yang akan dijadikan sebagai pupuk organik. Sudah bermitra dengan 32 petani dan segala kebutuhan bisa dilakukan secara mandiri. Saat ini hasil panen dari warga DesaPepen telah diekspor hingga mancanegara seperti, Amerika, Malaysia dan sebagian Eropa.

 

Penulis dan Pewawancara : Michael Ivan Aji Utama dan Maria Angela Trisuci Paskalia
Narasumber : Agustinus Yudi Prastowo