Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

Keuskupan Bandung

Info Keuskupan

logo

Gereja Keuskupan Bandung hendak menjadi komunitas yang hidup, mengakar, mekar, dan berbuah bersama masyarakat Jawa Barat. Dengan demikian, komitmen Gereja Katolik Keuskupan Bandung ialah bersama komunitas-komunitas lain lintas agama, ras, suku, dan bahasa yang hadir di Jawa Barat membangun suatu  masyarakat yang bermartabat dan manusiawi. Dilandasi oleh kemurahan hati dan kerelaan berbagi, Gereja Katolik Keuskupan Bandung hendak berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan material dan spiritual masyarakat.

Bapa Paus Fransiskus mengumumkan pengangkatan Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, dimana sebelumnya menjabat Provinsial Ordo Salib Suci, kini sebagai Uskup Keuskupan Bandung.

mgr

USKUP BANDUNG
Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC

Di bawah kepemimpinan  beliau, wilayah gereja ini dibagi menjadi beberapa wilayah teritorial yang disebut paroki. Keuskupan Bandung meliputi 24 paroki dan 2 Kuasi; 13 Paroki dan 1 Kuasi Paroki di antaranya terletak di kota Bandung dan sekitarnya. 24 Paroki dan 2 Kuasi, kini menjadi tempat bernaung Umat Katolik Keuskupan Bandung yang saat ini berjumlah kurang lebih 100.625 orang. Tarekat imam yang bekerja di Keuskupan Bandung saat ini ialah Ordo Salib Suci (OSC) dan Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria (SS.CC).

Selain pelayanan parokial, keuskupan juga menjalankan pelayanan kategorial yang dilaksanakan baik oleh komisi ataupun yayasan keuskupan. Komisi adalah unit kerja keuskupan di bawah koordinasi Dewan Karya Pastoral (DKP) untuk menangani bidang pelayanan tertentu baik yang menyangkut kehidupan internal gereja maupun sosial kemasyarakatan, seperti Komisi Liturgi, Kitab Suci, Pengembangan Sosial Ekonomi Masyarakat, Pendidikan, Perburuhan, Hubungan antar Agama dan Kepercayaan. Yayasan keuskupan adalah yayasan independen yang dibentuk oleh keuskupan untuk melaksanakan tugas pelayanan sosial kemasyarakatan, seperti yayasan pendidikan dan kesehatan.

Selain yayasan keuskupan, hadir pula atas izin Uskup Bandung, yayasan-yayasan yang didirikan baik oleh tarekat suster (biarawati) maupun kelompok umat katolik untuk membantu pelayanan sosial dan pendidikan di wilayah Keuskupan Bandung.  Mereka menjalankan 26 sekolah dari taman kanak-kanak sampai menengah atas, 3 panti wredha, 1 pusat rehabilitasi narkoba. Saat ini terdapat 5 tarekat suster yang bekerja di Keuskupan Bandung: CB, PI, OP, OSU, dan Ursulin Somasca. Selain itu, terdapat pula pertapaan suster Karmel (OCD) di Lembang yang tentunya memberikan warna tersendiri bagi Keuskupan Bandung.

DEKANAT WILAYAH

DEKANAT WILAYAH TIMUR : P. Yohanes Handi Sadeli Pr.
Terdiri dari: Paroki Katedral, Paroki Cicadas, Paroki Melania, Paroki Kamuning dan Paroki Garut

DEKANAT WILAYAH BARAT : P. Basilius Hendra Kimawan OSC
Terdiri dari: Paroki Lembang, Paroki Sukajadi, Paroki Cimahi dan Paroki Pandu

DEKANAT WILAYAH SELATAN : P. Lambertus Enga Hurint SS.CC
Terdiri dari: Kuasi Dayeuhkolot, Paroki Sumber Sari, Paroki Margahayu, Paroki Waringin, Paroki Mohammad Toha dan Paroki Buah Batu

DEKANAT WILAYAH PRIANGAN : P. Yohanes a Cruce Kristiono Hartanto Pr
Terdiri dari: Paroki
Yos Sudarso Cirebon, Paroki Dukuh Semar Cirebon, Paroki Cigugur, Paroki
Indramayu, Paroki Tasikmalaya dan Kuasi Ciamis

DEKANAT WILAYAH PANTURA  : P. Paulus Rusbani Budi Setiawan Pr
Terdiri dari: Paroki Karawang, Paroki Pamanukan, Paroki Subang, Paroki Purwakarta dan Paroki Kota Bukit Indah

Letak Geografis

Keuskupan Bandung adalah wilayah gerejani Gereja Katolik Roma yang terletak di bagian timur dan tengah tanah Parahyangan Jawa Barat dengan luas wilayah 23.315,31 Km2. Selain kota dan kabupaten Bandung, wilayah Keuskupan Bandung meliputi Kabupaten Purwakarta dan Karawang di sebelah barat; Subang, Pamanukan, Indramayu di sebelah utara; Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya-Ciamis di sebelah timur; dan Garut di sebelah selatan.

1 2