Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Joyful Asian Youth!

Keuskupan Malang

Saat ini Keuskupan Malang dipimpin oleh Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm. Yang baru dilantik pada tanggal 03 September 2016. Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm adalah uskup keempat di Keuskupan Malang yang berada di wilayah Provinsi Gerejawi Semarang.  Selain Keuskupan Malang, dua keuskupan sufragan dari Keuskupan Agung Semarang ini adalah Keuskupan Surabaya dan Keuskupan Purwokerto.
Keuskupan Malang terdiri dari 7 dekenat dan 29 keuskupan yang tersebar di wilayah ujung timur Pulau Jawa dan Pulau Madura. Wilayah Keuskupan Malang adalah bagian timur pulau Jawa dan pulau Madura beserta pulau-pulau kecil di dekatnya. Luas wilayah Keuskupan Malang adalah 24.409 km2 yang berada dalam 4 kota dan 12 kabupaten.

Keuskupan Malang terletak di Provinsi Jawa Timur. Propinsi Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki karakteristik yang sangat menarik dilihat dari keadaan geografi, keadaan penduduk, bahasa yang dipergunakan sehari-hari dan masih banyak kekhasan lainnya.

Bagian utara dan termasuk pulau Madura adalah dataran rendah dan kurang subur. Sebaliknya, bagian tengah merupakan dataran yang subur yang cocok untuk pertanian dan perkebunan karena taburan debu vulkanik dan aliran sungai yang membasahi tanahnya.

Penduduk Jawa Timur kurang lebih sebanyak 75% berbahasa Jawa, 24% berbahasa Madura, dan sejumlah kecil lainnya menggunakan dialek Osing di Banyuwangi dan dialek Tengger di sekitar pegunungan Semeru, Bromo dan Tengger.

Kesenian

Di kelilingi oleh beberapa pegungungan membuat kesenian Malang menjadi begitu menyenangkan. Salah satunya adalah seni tarinya. Di mana setiap kesenian tari yang ada dan berkembang di sana selalu mempunyai nilai filosofis yang erat hubungannya dengan sifat dan relasi antar manusia yang satu dengan yang lainnya.

Wisata

Di dukung secara geografis membuat wisata di Malang juga tak kalah bagusnya. Ada banyak ragam wisata di daerah Malang, seperti yang dimuat dalam situs Malang Kota, di antaranya.

  • wisata alam
  • wisata seni dan kerajinan
  • wisata sejarah
  • beragam tempat wisata belanja