Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

https://asianyouthday.org/blog/ekm-kerep/

EKM Kerep: Sundulan Bagi OMK di Tengah Masyarakat Mulitikultur

Sore hari hujan turun di langit Goa Maria Kerep Ambrawa (GMKA) tepatnya 25 Februari 2017 lalu. Walaupun saat itu adalah saat akhir pekan, kebanyakan orang menghabiskan waktu untuk berlibur – nyatanya tidak mengurangi teman-teman OMK terutama volunteer dan peserta AYD dari Kevikepan Semarang (Kev Semarang). Hari itu secara khusus mereka persembahkan Ekaristi Kaum Muda(EKM) dengan tajuk “Om Toleran Om”.

EKM ini dipimpin langsung oleh Romo Ketua Komisi Kepemudaan (KOMKEP) Kev. Semarang yaitu RP. Adi Wijayanto, MSF dan didampingi oleh: RD. Aloys Budi Purnomo selaku Ketua HAK Keuskupan Agung Semarang, dan RP. Djajak Putra, MSF. Dalam misa kaum muda ini ternyata tidak hanya diikuti oleh OMK yang ada di Kev. Semarang dari berbagai komunitas saja tapi juga OMK dari Kev. Kedu, OMK Kev. Jogja, biarawan dan biarawati, serta beberapa umat lainnya.

Perarakan persembahan dengan mengangkat simbol keberagaman

Saat Homily RP. Adi, MSF mengajak para kaum muda untuk merefleksikan kembali arti dari toleransi itu sendiri di tengah kehidupan masyarakat yang multikultur. Terkhusus agar OMK mampu menjaga keharmonisan toleransi ditengah masyarakat. Mengingat akhir-akhir ini isu mulitikultural seolah tidak dipahami betul oleh masyarakat muda di Indonesia. Masih banyak kasus ketikdakharmonisan antara golongan masyarakat satu dan golongan masyarakat lainnya.

“Sebenarnya Tuhan itu menciptakan manusia itu beragam – berbeda satu dgn yg lain. krn Tuhan menganggap klo berbeda itu indah. Namun beberapa dari kita manusia kadang ingin semuanya sama. Bahkan yg berbeda dianggap sbg musuh bahkan harus dimusnahkan”,ungkap dengan nada prihatin dari RP. Adi, MSF ketika Homili.

Hadirnya alunan musik saxophone dengan perpaduan kelompok koor OMK  Paroki Ambarawa mengalunkan suasana menjadi hangat. Dengan dukungan berbaga bahasa dalam doa yakni Jawa, Batak, Inggris, Jepang dan Mandarin semakin menumbuhkan realitas masyarakat multikultur yang ada di Asia. Menggugah OMK untuk semakin menjadi garam ditengah keberagaman.

Umat memadati perayaan EKM di Gua Maria Kerep Ambarawa

Sebagai salam penutup, RD. Budi selaku Ketua HAK mengajak para OMK hadir untuk berpartisipasi dalam acara Srawung Orang Muda Lintas Agama yang akan diselenggarakan tanggal 5 Maret 2017 bertempat di Halaman Gedung Balaikota Semarang. RD. Budi sangat mengharapkan agar OMK bisa ikut menjadi bagian dalam gelaran akbar bagi OMK wilayah Semarang ini. Tak lupa, setelah misa berlangsung OMK menikmati pensi dan penampilan band dan nyanyian yang sudah dipersiapkan oleh para volunteer dan peserta AYD kevikepan Semarang.

Maria Febri Kristina- Volunteer AYD