Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

https://asianyouthday.org/blog/harapan-kuat-dan-pancaran-kasih-kirab-salib-ayd-di-sedayu/

Harapan Kuat dan Pancaran Kasih Kirab Salib AYD di Sedayu

Penyambutan Salib Asian Youth Day di Gereja St. Theresia Sedayu dilakukan dengan sangat meriah dan diliputi suasana kental ala Jawa. Menggunakan karakter wayang, teman-teman OMK rayon Bantul mencoba menggali filosofi dan kebijakan yang diajarkan para punokawan tentang kemanusiaan, gotong royong, harmonisasi, moral, dan sebagainya. Tokoh punokawan ini juga merupakan representasi dari 4 gereja yang ada di Bantul. Romo Yohanes Triwidianto, Pr selaku Romo Paroki Gereja St. Theresia Sedayu menjelaskan “Ini (tokoh punokawan) diambil sebagai simbol bahwa kita ini beraneka ragam agar selaras dengan tema Asian Youth Day yaitu sukacita injil dalam keberagaman.”

Salib AYD diarak menuju panggung depan gereja dan ditahtakan di dalam gereja yang dilanjutkan dengan perayaan ekaristi bersama umat yang hadir. Acara dilanjutkan dengan flashmob Theme Song Asian Youth Day dan ramah tamah antar OMK se-rayon Bantul, karena Gereja St. Theresia Sedayu menjadi gereja terakhir di rayon Bantul sebelum menuju ke rayon Kulon Progo.

Ditanya mengenai tema pertama Asian Youth Day, Joyful Youth, Romo Yohannes Triwidianto,Pr menjelaskan bahwa anak muda atau OMK yang joyful itu yang gembira, segar, semangat, yang “joss“. Sesuai dengan bacaan Kitab Suci hari Jumat (13/1), joyful tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk orang lain. Kehadiran orang muda memberikan semangat dan gairah kepada yang lain. Ikut Tuhan Yesus itu, “joss” untuk diri sendiri dan “joss” untuk orang lain.

Romo Tri juga berharap OMK Rayon Bantul khususnya OMK Sedayu dengan adanya perayakan Asian Youth Day ini, dengan simbol salib yang dibawa ini, akan semakin memperteguh orang muda katolik yang setia mengikuti Yesus, setia dengan gereja dan juga setia mewartakan kepada orang lain. Jadi berani untuk menjadi orang muda yang sungguh-sungguh “joss” hidup bersama dengan orang lain. Imannya teguh, harapan kuat dan kasihnya terpancar.

Anastasya Eggy Sulti Kartini, ketua panitia Kirab Salib Gereja St. Theresia Bantul, menceritakan bahwa ini merupakan suatu kebahagian yang dirasakan untuk kali pertama karena dirinya bisa berpartisipasi dalam acara Asian Youth Day pertama di Indonesia, sebuah acara yang akan sulit terulang untuk beberapa tahun mendatang Timbul peraaaan senang ini di antaranya karena bisa kenal dengan OMK Rayon Bantul, melalui keterlibatan dalam acara ini.

Selain itu, Eggy juga menjelaskan bahwa OMK yang joyful itu kalau ada kegiatan semua berpartisipasi baik di lingkungan, wilayah maupun paroki untuk menambah kenalan dan koneksi. Karena kondisi OMK di Gereja St. Theresia Sedayu jarang terlihat di Paroki dan hanya di lingkungan. Dengan adanya Kirab Salib ini, semua menjadi aktif dan terlibat. Harapannya untuk acara Asian Youth Day, sukses dan tidak ada gangguan apapun. Semua OMK bisa berpartisipasi walau hanya terlibat dalam serangkaian kecil acara Asian Youth Day.

Tim Penulis : Ivan, Sham, Theo, Tere