Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

https://asianyouthday.org/blog/joyful-run-wujud-keberagaman-untuk-indonesia/

Joyful Run: Wujud Keberagaman untuk Indonesia

Sebanyak 7500 peserta mengelilingi Jalan Pandanaran, Tugu Muda, Jalan Pemuda, Jalan Gajah Mada, dan Simpang lima Semarang. Secara resmi Joyful Run terlaksana meriah dengan kehadiran Chris John sebagai runner undangan, Citra Skolastika sebagai bintang tamu dan dipandu oleh Donna Agnesia.

Joyful Run ini diselenggarakan sebagai sarana untuk memperkenalkan Asian Youth Day 2017 di Indonesia dengan tema “Joyful Asian Youth! Living The Gospel In Multicultural Asia”.
Acara ini mendapat dukungan dan apresiasi positif dari Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setya Budi, dan perwakilan agama FKUB Jawa Tengah. Rukma Setya Budi menyampaikan wujud persatuan Pancasila hadir dalam acara ini, “Dengan adanya Joyful Run kita merasakan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ Berbeda-beda tetapi tetap satu. Masyarakat sehat, negara akan kuat”.

Haji Taslim Salahan sebagai perwakilan FKUB Jawa Tengah turut menyampaikan pidato resminya, “Dua kata untuk acara ini ‘wow keren’. Joyful Run, Indonesia banget. Biarkanlah malaikat-malaikat dan kita semua disini menjadi saksi kita yang NKRI banget.”

Romo Budi selaku Organizing Commitee Asian Youth Day 2017 juga angkat bicara bahwa Joyful Run mengajarkan kita untuk hidup dalam multi kultural dan mengabarkan kabar gembira ke seluruh Indonesia, Asia, bahkan dunia. Selalu joyful. Tak lupa pesan penting bagi anak muda sebagai generasi masa depan dunia untuk hidup bersama dalam perbedaan.
Andi Tjiok, perwakilan umat Khong Hu Cu juga memberi apresiasi. “Acara ini seperti napak tilas bangsa Indonesia. Jika dulu bangsa Indonesia membaur menjadi satu untuk satu tujuan yaitu merdeka, sekarang kita bersatu untuk satu tujuan yaitu joy. Menjadi 100% masyarakat yang beragama dan 100% Indonesia“ tuturnya.

Perwakilan umat Hindu, Ni Ketut Caesaria Dewi Wirani melanjutkan, “Mengikuti Joyful Run ini merasakan kedamaian yang benar-benar nyata”. Dan perwakilan umat Budha, Santika Yohanto Satyanegara tidak mau kalah. Ia mengatakan bahwa perbedaan ini seperti pelangi.
“Ingin memberikan semangat dan mengajak masyarakat untuk selalu berolahraga untuk hidup yang lebih sehat. Dan tanggapan untuk multi kultur di Indonesia sendiri secara luas udah baik, memang ada sebagian komunitas agak beda sendiri tetapi saya yakin itu tidak masalah karena masyarakat kita pinter dan baik semua untuk menanggapi perbedaan,” ujar Chris John yang datang sebagai runner.

Romo Administrator KAS, FX Sukendar juga mengapresiasi acara ini. Beliau mengatakan “Kita bangsa Indonesia harus Joyful dalam kebersamaan, terlihat dari acara Joyful Run ini yang semangat dari umat dan komunitas-komunitas yang hadir. Dan harapan untuk Asian Youth Day, menjadi tuan rumah yang baik sebagai bangsa Indonesia, sebagai umat katolik dan sebagai masyarakat sehingga dapat mengalami sukacita untuk menyambut tamu dengan sukacita juga.”
Selain dari tamu VVIP, para peserta dari berbagai kalangan juga mengapresiasi dan mendukung penuh acara Joyful Run dan Asian Youth Day 2017. Seperti Samuel Bobby yang ikut berpartisipasi dalam Joyful Run. Ia mengaku mau ikut acara ini karena ia juga volunteer AYD yang harus perlu untuk ikut terjun langsung ke acara-acara yang berhubungan dengan AYD, selain itu ia juga suka berolahraga. Dan Bobby berharap, “Semoga Asian Youth Day semakin sukses, mau menunjukkan kalau OMK itu tetap terus ada dengan eksis terus diberbagai kegiatan yang ada dan mau menunjukkan kekompakan.” Tanggapannya tentang multi kultural, “Perbedaan itu indah dan memiliki toleransi yang tinggi, berteman dengan siapa saja tanpa memandang SARA.”

“Semoga bisa merekatkan para pemuda, khususnya di Indonesia ini sehingga kita bisa menunjukkan diri kepada dunia, bahwa Orang Muda Katolik di Indonesia itu bisa beda dan berkarya. Event seperti ini menjadi kesempatan bagi semua kalangan masyarakat semua golongan, suku, agama apapun, untuk bersatu dan tanda ada dendam, tanpa ada perbedaan. Pokoknya semuanya bersukaria” tutur Frater Chrisma Bayu Suseno yang hadir sebagai peserta Joyful Run.

Setelah lari, pelari dan pengunjung menikmati aksi panggung yang seru-seru. Mulai dari penampilan band musik, dance, marching band dan merasakan ‘jedag jedug’ dari DJ Kamikaze sampai penampilan ciamik Citra Skolastika. Acara ditutup dengan pengundian hadiah utama, 1 unit mobil.

Penulis : Michael Ivan Aji Utama
Reporter : Maria Angela TP, Oksa Frido, Lidya Devira Ignasia Putra, Teresia Setyo

img-20161226-wa0004

Peserta Joyful Run (/doc.panitia)