Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Kirab Salib Asian Youth Day di Gereja Purbowardayan

Kita patut berbahagia karena Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah diselenggarakannya Asian Youth Day. Dari sekian banyak tempat di Indonesia, Keuskupan Agung Semarang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Asian Youth Day ke-7 dengan memusatkan semua kegiatannya di Yogyakarta.

Asian Youth Day ini memiliki beberapa rangkaian acara pembuka seperti di antaranya adalah Kirab Salib. Kirab Salib adalah di mana salib yang digunakan pada kegiatan AYD akan dibawa berkeliling ke seluruh gereja yang ada di Keuskupan Agung Semarang. Pada tanggal 9 September – 16 September 2016, Gereja Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan menjadi salah satu tempat peletakkan salib AYD.

Pada saat menjadi tuan rumah peletakan Salib AYD ini, Gereja Purbowadayan menyiapkan berbagai rangkaian acara penyambutan yang meriah dari Orang Muda Katolik (OMK) Purbowardayan, di antaranya adalah arak-arakan dan tari-tarian kecil. Salib AYD ditahtakan selama satu minggu di Gereja Purbowardayan. Setelah adanya acara penyambutan, kirab dilanjutkan dengan ibadat singkat yang diiringi dengan gamelan alus nan cantik dari OMK Purbowardayan.

Selama kirab, panitia menerapkan aturan untuk tidak mengambil gambar diri (selfie) untuk menghormati keberadaan Salib AYD.

Selain di Gereja Purbowardayan, Salib juga  diarak menuju gereja administratif  Gereja Santo Aloysius Perumnas Mojosongo. Antusiasme umat terlihat ketika salib mulai diarak. Panitia menyediakan waktu khusus bagi umat yang ingin berdoa secara khusus di depan Salib AYD. Untuk keamanan panitia Kirab Salib mengadakan jadwal adorasi pada setiap wilayah OMK nya masing-masing.

Tak hanya di Gereja Santo Aloysius Perumnas Mojosongo saja, namun Salib AYD juga diarak ke Gua Maria Mojosongo. Panitia ingin memberikan kesempatan bagi umat lain untuk mengenal Salib AYD.

Acara Kirab Salib yang dikemas secara apik itu ditutup dengan pertunjukkan wayang yang didalangi oleh seorang dalang yang berasal dari OMK Purbowardayan.

Yuseva Baraswati