Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

https://asianyouthday.org/blog/kirab-salib-gereja-st-yakobus-klodran-keterbatasan-melampauhi-batas/

Kirab Salib Gereja St. Yakobus Klodran: Keterbatasan Melampauhi Batas

Penerimaan Salib AYD di Gereja St. Yakobus Klodran Bantul dilakukan pada 30 Desember 2016 lalu. Salib AYD ini disambut dengan ibadah dan dilaksanakan Ekaristi Kaum Muda pada 31 Desember bersamaan dengan Misa Tutup Tahun. Salib AYD ini berada di Gereja St. Yakobus Klodran Bantul sejak tanggal 30 Desember 2016 sampai 6 Januari 2017.

Uniknya, pada setiap kirab salib yang dilakukan di wilayah Bantul ini, ikon pewayangan seperti Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong selalu muncul sebagai representasi dari empat gereja yang ada di Bantul. Empat gereja itu adalah Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran, Gereja St. Maria Assumpta Gamping, Gereja St. Yakobus Klodran Bantul, dan Gereja St. Theresia Sedayu.

whatsapp-image-2017-01-09-at-8-49-45-am

Stefanus Dicky Setiawan, anggota dewan paroki bagian kepemudaan gereja menceritakan, “Karena Kirab Salib AYD ini adalah acara yang langka. Satu, dua, sampai 30 tahun mendatang belum tentu ada sehingga umat, OMK, dan anak-anak sangat antusias mengikuti rangkaian acara kirab salib.”

Ditanya soal keterlibatan OMK setempat dalam kirab salib ini, Stefanus bercerita bahwa teman-teman OMK sangat bersuka cita karenanya.

Romo Fx. Suhanto Pr, Romo dari paroki Klodran, menambahkan, “OMK yang bersukacita ya OMK yang kompak, yang ramah dan mau dipersatukan. OMK yang penuh gairah dalam belajar. Karena kegiatan-kegiatan yang berlangsung ini juga adalah kegiatan yang mendukung masa depan OMK dan juga Gereja. Perubahan yang didapatkan adalah sukacita yang nampak dari para OMK. Seluruh OMK jadi lebih aktif dan mendukung kegiatan ini.”

Romo B. Edy Wiyanto menyampaikan uneg-unegnya bahwa kesulitan dalam prosesi kirab salib ini adalah kebingungan dalam mengekspresikan penghayatan salib ini dan membangun semangat di tengah-tengah kaum muda. Tapi dari kebingungan dan keterbatasan itu justru bisa kita bisa melampauhi batasan kita.

Selanjutnya, Salib AYD akan dikirab menuju Gereja St. Maria Assumpta Gamping. Salib AYD ini akan menginap dari tanggal 6 Januari 2017 – 13 Januari 2017 sebelum dikirab kembali menuju Gereja St. Theresia Sedayu.

Penulis: Ivan

Reporter: Angela, Sham