Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

https://asianyouthday.org/blog/pemuda-lintas-agama/

Bersatu dalam Keberagaman

Tidak kurang dari enampuluh Orang Muda Katolik hadir dalam kegiatan Talkshow dan Outbound yang diadakan oleh OMK ST. Genoveva bekerja sama dengan DPD KNPI Kota Surakarta pada Minggu (30/10) di Aula Gereja Paroki Adm. ST. Aloysius, Mojosongo.
Ada perwakilan OMK, karang taruna RW, Ormas serta OKP Kota Surakarta hadir dalam kegiatan Talkshow dan Outbound yang bertemakan “Orang Muda, Sosial Media dan Krisis Manusia Modern”.
“Baru pertama kalinya ketika memperingati hari Sumpah Pemuda, pemuda lintas agama, dan berbagai kelompok bisa berkumpul untuk berdiskusi serta outbound bersama.” ungkap Wisnu selaku ketua panitia kegiatan ini.
Diawali dengan talkshow yang mengundang narasumber Bapak Bambang Gage (Ketua DPD KNPI Cab. Surakarta) yang membahas Cara Bijak Bersosial Media dan Bapak Tri Guntur Narwaya (Dosen Fisipol Universitas Mercubuana Yogyakarta) yang membedah Krisis Manusia Modern. Peserta diajak melihat fakta-fakta masalah yang dihadapi oleh manusia pada zaman saat ini.
Bukan saja berhenti pada materi yang disampaikan ketika talkshow, tetapi peserta diajak untuk langsung berinteraksi & mengaplikasikan melalui media outbound.
“Semua peserta yang hadir sangat antusias ketika harus menyelesaikan tantangan-tantangan dalam outbound itu”, tambah Wisnu yang pada waktu itu juga menjadi salah satu perserta outbound.
Menurut dia, kegiatan ini sebagai salah satu cara mengaplikasikan Ardas Keuskupan Agung Semarang yang mewujudkan Gereja yang Inklusif, Transformatif serta inovatif yang sudah didengungkan tahun lalu. Ini langkah kecil tetapi kongkrit yang kami rencanakan dan akhirnya bisa terwujud.
Ada sesuatu yang menarik menurut Wisnu, ketika kegiatan akan dimulai, perwakilan dari 6 agama diminta untuk doa pembuka dengan caranya masing-masing. Mereka mendoakan supaya acara tersebut berjalan lancar, serta agar tercipta kerukunan bangsa Indonesia. Suasana begitu khusyuk ketika mereka berdoa dengan caranya masing-masing secara bergantian. Masyarakat Indonesia sangat beragam tetapi ketika hidup berdampingan & saling menghargai, pastinya membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar.
Penulis: T.K.A
OMK Mojosongo bekerjasama dengan DPD KNIP Kota Surakarta mengadakan Seminar dan Outbounda yang bertemakan Orang Muda, Sosial Media dan Krisis Manusis Modern, Minggu 30/10.

OMK St. Aloysius bekerjasama dengan DPD KNIP Kota Surakarta mengadakan Seminar dan Outbound Minggu (30/10) / @DocPanitia.

omk-st-aloysius

Doa bersama perwakilan tiap agama ketika talkshow dan outbound pemuda lintas iman di aula gereja ST. aloysius (30/10) / @DocPanitia.

Outbound bersama OMK Mojosongo, Karangtaruna RW, Ormas serta OKP Kota Surakarta Minggu (30/10) / @DocPanitia

Outbound bersama OMK St. Aloysius, Karangtaruna RW, Ormas serta OKP Kota Surakarta Minggu (30/10) / @DocPanitia

Outbound bersama OMK Mojosongo, Karangtaruna RW, Ormas serta OKP Kota Surakarta Minggu (30/10) / @DocPanitia

Outbound bersama OMK St. Aloysius, Karangtaruna RW, Ormas serta OKP Kota Surakarta Minggu (30/10) / @DocPanitia