Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

https://asianyouthday.org/blog/penyambutan-salib-ayd-di-paroki-dalem/

Penyambutan Salib AYD di Paroki Dalem

Paroki Dalem menjadi paroki terakhir di kevikepan Surakarta yang kedatangan Salib AYD. Jumat (18/11) umat Paroki Dalem telah berkumpul di Gereja untuk menyambut kedatangan Salib AYD dari Paroki Administratif Bayat. Sekitar 50 Umat menggunakan mobil menghantar Salib AYD sampai di paroki Dalem.

Salib AYD dibawa oleh lima OMK yang mengenakan pakaian Punakawan disusul beberapa OMK yang membawa pernak-pernik Kirab Salib seperti bendera, gunungan, dll. Menurut Tia, OMK Bayat, mengatakan bahwa mereka sengaja mempersiapkan OMK berpakaian punakawan dengan tujuan untuk mengangkat kembali budaya jawa dalam kegiatan OMK.

Kebudayaan Jawa selalu ditonjolkan ketika mengkirab salib AYD di Rayon Klaten Raya. Mulai dari Paroki Jombor hingga yang terakhir Paroki Dalem selalu menggunakan simbol-simbol yang ada di kebudayaan Jawa. Mulai dari gunungan, pakaian, tari-tarian hingga lagu semua dipersiapkan dengan menggunakan budaya Jawa.

Ketika OMK Paroki Adminstratif Bayat sampai di Paroki Dalem, mereka juga disambut dua penari dengan pakaian Jawa memasuki Gereja Dalem. Sebelum masuk ke dalam Gereja, Salib AYD mulai diserah terimakan antara perwakilan Paroki Adminstratif Bayat dengan perwakilan Paroki Dalem.

Dalam sambutannya wakil dari Paroki Adminstratif Bayat, Bapak Petrus Komar Satriyono, mengatakan bahwa kami menghantar Salib AYD ke Paroki Dalem. Makna salib AYD bagi kami sangat istimewa karena salib ini dapat menyatukan seluruh OMK. Sebagai lambang pemersatu OMK. setelah itu salib diserah terimakan kepada OMK Dalem.

Setelah serah terima salib, acara dilanjutkan dengan Misa penyambutan Salib AYD bersama umat Paroki Dalem yang dipimpin oleh Romo Subi.