Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

Keuskupan Agung Jakarta

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) adalah wilayah Gereja Katolik Roma yang meliputi seluruh Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kabupaten dan Kota Tangerang, serta Kabupaten dan Kota Bekasi. Keuskupan Agung Jakarta memiliki 66 paroki, dan secara kategorial dalam kelompok-kelompok gerejani. Pelayanan dalam paroki-paroki berdekatan terkoordinasi dalam suatu Dekenat. KAJ terdiri dari 8 Dekenat: Dekenat Jakarta Pusat (6 paroki), Dekenat Jakarta Utara (6 paroki), Dekenat Jakarta Timur (9 paroki), Dekenat Jakarta Selatan (6 paroki), Dekenat Jakarta Barat I (6 paroki), Dekenat Jakarta Barat II (10 paroki), Dekenat Tangerang (9 paroki), dan Dekenat Bekasi (8 paroki).

Keuskupan tertua di Indonesia ini berdiri sejak 1807 yang sekarang jabati oleh Mgr. Ignatius Suharyo. Mgr. Ignatius Suharyo, lahir di Sedayu, Bantul, Yogyakarta, Indonesia, 9 Juli 1950 adalah Uskup Agung Jakarta sejak 29 Juni 2010, menggantikan Kardinal Julius Darmaatmadja, S.J.

cerita-di-balik-kemegahan-gereja-katedral-jakarta

Jakarta juga memiliki keragaman agama yang tersebar di seluruh Jakarta dengan prosentase agama yang dianut yang beragam. Ditunjang dengan beragam fasilitas keagamaan seperti masjid dan mushala, sebagai rumah ibadah umat Islam, tersebar di seluruh penjuru kota, bahkan hampir di setiap lingkungan. Masjid terbesar adalah masjid nasional, Masjid Istiqlal, yang terletak di Gambir. Sejumlah masjid penting lain adalah Masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Masjid At Tin di Taman Mini, dan Masjid Sunda Kelapa di Menteng.

Untuk umat kristiani, sejumlah gereja besar yang terdapat di Jakarta antara lain, Gereja Katedral Jakarta, Gereja Santa Theresia di Menteng, dan Gereja Santo Yakobus di Kelapa Gading untuk umat Katholik. Masih dalam lingkungan didekatnya, terdapat bangunan Gereja Immanuel yang terletak di seberang Stasiun Gambir bagi umat Kristen Protestan. Selain itu, ada Gereja Koinonia di Jatinegara, Gereja Sion di Jakarta Kota, Gereja Kristen Toraja di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Bagi umat Hindu yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya, terdapat Pura Adhitya Jaya yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur, dan Pura Segara di Cilincing, Jakarta Utara. Rumah ibadah umat Buddha antara lain Vihara Dhammacakka Jaya di Sunter, Vihara Theravada Buddha Sasana di Kelapa Gading, dan Vihara Silaparamitha di Cipinang Jaya. Sedangkan bagi penganut Konghucu terdapat Kelenteng Jin Tek Yin. Jakarta juga memiliki satu sinagoga yang digunakan oleh pekerja asing Yahudi.

1 2