Asian Youth Day 2017

Joyful Asian Youth!

https://asianyouthday.org/logo-2/

Logo

The 7th Asian Youth Day – Indonesia 2017

Asian Youth Day (AYD) atau hari orang muda asia adalah perayaan atau perjumpaan orang muda Katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan tiap tiga tahunan dan dihadiri kurang lebih seribu sampai tiga ribu Orang Muda Katolik (OMK) perwakilan dari berbagai negara di Asia. Dalam acara ini OMK berkumpul di satu tempat dan bertemu OMK lain untuk menyatakan iman mereka kepada Allah. Dalam acara inilah berbagai kegiatan diadakan untuk menumbuhkan semangat pewartaan. AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetujui oleh Fede­rasi Konferensi Uskup-uskup se-Asia (FABC) dibawah kantor komisi Keluarga dan Kerawam bagian ke­pe­muda­an. AYD sudah 6 kali diadakan di negara-negara yang berbeda-beda. Setiap kali pertemuan mengangkat tema yang berbeda. Istimewanya, AYD ke-7 tahun 2017 akan diadakan di Indonesia tepatnya di Keuskupan Agung Semarang pada tanggal 30 Juli – 9 Agustus 2017. Dengan tema “Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia”, kegiatan AYD akan dilaksanakan dengan 3 acara besar yakni Day in the Diocese, Days in AYD’s Venue and Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM).

Sejarah Logo

Asian Youth Day (AYD) merupakan wadah OMK untuk memperbaharui dan memperdalam iman mereka sebagai murid Kristus dengan menjadi saksi cinta Tuhan bagi sesama dalam konteks Asia yang majemuk. Tema AYD 2017 adalah “Joyful Asian Youth! Living The Gospel in Multicultural Asia”. Logo AYD 2017 dibuat berdasarkan refleksi Tim Logo atas tema AYD 2017. Dasar dari tema AYD 2017 adalah peristiwa Pentakosta, dengan landasan biblis ”Berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allalf [Kis 2:11). Oleh karena itu, dalam refleksinya, tim menegaskan bahwa logo AYD 2017 mesti mengandung unsur:

1) Roh Kudus,

2) Salib/Kristus,

3) Perjumpaan,

4) Kebudayaan, dan

5) Warna Merah-Putih, sebagai warna bendera Indonesia.

Logo dibuat dengan mengacu pada logo World Youth Day 2016 serta logo-logo AYD sebelumnya. Eksekusi desain loga kemudian dikerjakan oleh Heribertus Sigit Pamungkas [Mumung), seorang designer yang telah memenangi lebih dari 90 kontes logo dan kerap mengerjakan proyek Brand Identity untuk klien lokal maupun internasional. Setelah melalui proses koreksi dan revisi, baik oleh tim maupun seluruh panitia, desain tersebut kemudian ditetapkan sebagai logo resmi AYD 2017. Logo resmi AYD 2017 tersebut memiliki makna “Sukacita kaum muda Katolik se Asia yang dengan semangat Pentakosta menghidupi nilai-nilai injil dalam konteks keragaman budaya”.[]

 

Tambahan Informasi

  1. Logo AYD 7 – Indonesia 2017 yang asli adalah logo tanpa tulisan di bawahnya.
  2. Ukuran-ukuran dijelaskan pada eksplorasi bentuk dan warna, mohon perhatikan penegasan pada hal-hal yang “tidak diperbolehkan” baik dalam hal mengubah bentuk maupun warna.
  3. Penggunaan pada latar (background) tertentu (dengan catatan khusus untuk penggunaan pada hal-hal tertentu).
  4. Penggunaan untuk media lain yang belum tertera pada Brand Book ini mohon dikonsultasikan dengan panitia AYD 2017.

Download brandbook